PENYEBAB BANJIR

30/09/2011 at 9:18 am 2 comments

Akhir – akhir  ini di Indonesia sering sekali kita mendengar yang namanya musibah banjir, apalagi di saat musim hujan banyak sungai meluap hampir dari tiga kali lipat dari  biasanya. Akibatnya menyebabkan kerusakan baik di sungai itu sendiri maupun di sekitar area sungai, seperti rusak nya jalan  raya, rusak nya sekolah-sekolah, gedung-gedung,  rumah di area pinggiran sungai dan masih banyak lagi.

            Akibatnya banyak sekali orang-orang yang meninggal, banyak orang yang kehilangan harta bendahara nya, kelaparan, banyak nya penyakit baru yang di sebab kan oleh air yang menggenang akibat banjir, seperti kutu air, DBD (demam berdarah) dan masih banyak lagi contoh penyakit dan juga banyak sekolah yang rusak menyebabkan anak-anak tidak sekolah di sebabkan oleh banjir tersebut.

Fakta nya di Indonesia yaitu di daerah Jakarta yang hampir setiap musim hujan mengalami banjir, sampai – sampai banjir sudah menjadi sahabat bagi mereka di sebabkan sudah terbiasa dengan kondisi tersebut. Apakah penyebab nya sehingga terjadi banjir yang sedemikian sering nya ?

Salah satu penyebab nya adalah sampah, ya betul sekali banyak orang yang di dekat area sungai mereka membuang sampah ke sungai. Banyak masyarakat yang tidak sadar akan penyebab yang mereka lakukan karena bagi mereka itu menjadi hal yang “lumrah”, apakah mereka tutup mata akan sebab yang dilakukan?

coba perhatikan gambar di atas ada seorang ibu-ibu membuang sampah dan orang yang sedang buang air besar. Mereka saling memaki “eh jangan buang sampah ke sungai” dan si ibu menjawab “lu sendiri ngapain?” sangat riskan sekali akan sikap mereka. Sadar atau tidak mereka ada di sekitar kita apakah kita akan biarkan anak cucu kita mengikuti hal tersebut? Mari lah saya mengajak kepada kalian semua untuk membudayakan membuang sampah pada tempat nya. Sehingga bencana banjir akan bisa sedikit berkurang. Semoga generasi selanjutnya menjadi generasi yang cerdas dan peka akan kondisi lingkungan sekitar, dan tidak mementingkan ego masing-masing amin.

Dan untuk pemerintah mohon kerjasama nya, seperti penyuluhan kepada masyarakat dan menyediakan tempat sampah di setiap desa atau kota. Sehingga masyarakat sadar akan penting nya  buang sampah pada tempat nya.

Semoga artikel ini bermanfaat terutama bagi saya dan pembaca.

Entry filed under: Kesehatan, Sains. Tags: .

Mobil Pengantar Khitanan Terguling di Brebes, 30 Orang Luka-luka cerpen : Crow and a jug

2 Comments Add your own

  • 1. salikun  |  17/02/2012 at 7:44 pm

    karena apa ?,menurut saya ya karena tidak pernah ada sulusinya,ada tempat juga slalu penuh tidak penah ada peyeleseiannya,begitu akan terus nantinya,Bila saja di titiktitik biasanya ditempati sampah,banyaknya warga membuang sampah di beri tempat yg.berlanjut adanya penyeleseian pasti tidak akan warga itu membuang sampah ke sungai.Bagi saya ada silusi yg.pasti tepat,buatkanlah lingkungan itu tempat skaligus pemusnah sampah,bagi sampah-2 yg.sama skali tidak dapat dimanfaatkan,yg.masih bisa dimanfaatkan juga jangan di usik itu hak pemulung,saya jamin pasti lingkungan bebas sampah di sungaipun tidak akan ada sampah,bila berkenan(buka)teknologi pemusnah sampah.

    Reply
    • 2. yuditposhboy  |  20/02/2012 at 5:26 pm

      wah bener juga kata mas salikun, di tempat-tempat pembuangan sampah sudah terlalu sesak untuk membuang sampah, saya pernah dengar salah satu mahasiswa di indonesia sudah menciptakan mesin penghancur sampah, tapi indonesia tidak membelinya, tapi negara lain tertarik dan membelinya,kalau tidak salah negara singapura. yah semoga ada program penghancuran sampah. terimakasih mas salikun

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


My Clock

My Calendar

Hii .. :)

Blog Stats

  • 26,758 hits

my twitter

MY face book

yudit poshboy

BEC 100% kuliah gratis

BogorEduCARE

me ..


%d bloggers like this: